2018-04-03 | Hasan Basri: Puisi Ciptaan Sukmawati Soekarnoputri Tak Perlu Dibawa ke Ranah Hukum

Pengurus Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Hasan Basri Marwah mengatakan umat Islam tidak perlu membawa puisi ciptaan Sukmawati Soekarnoputri berjudul Ibu Indonesia ke ranah hukum.

“Tidak efektif bersikap reaktif dengan membawanya ke ranah hukum positif,” kata Hasan seusai acara ngaji bertajuk Dewa Ruci dengan topik Islam dan Kolonialisme di Indonesia di Pesantren Kaliopak Kleggotan, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Selasa malam, 3 April 2018.

Situasi semacam ini, menurut dia, berbahaya bagi semangat kebersamaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hasan khawatir polemik puisi Sukmawati bila dibawa ke ranah hukum, bisa menambah perpecahan yang sudah ada.

Tak hanya itu, kata Hasan, polemik puisi Sukmawati bila terus dibiarkan, akan semakin memperuncing anggapan orientalistik. Pandangan orientalistik bicara tentang tidak ada persambungan antara tradisi keislaman dengan nasionalisme. “Pengkotak-kotakan Islam berbahaya di tahun politik,” kata dia. (nasional.tempo.co, 4 April 2018)

Label: