2019-03-07 | Pagelaran Wayangaji di Pondok Krapyak hadirkan Lakon Puntadewa Suci

Pondok Pesantren Krapyak Yayasan Ali Maksum mengadakan Pagelaran Wayangaji (7/3) di lapangan Pondok Pesantren Krapyak. Pagelaran wayangaji “Walisongo Reborn” yang diinisiasi oleh Dr. H. Hilmy Muhammad, MA, selaku Kepala Madrasah Aliyah Ali Maksum ini didalangi oleh Ki Miko Cakcoy Pathoknegoro dengan lakon Puntadewa Suci. Pagelaran ini dihadiri oleh segenap pengasuh, guru, para santri, dan warga masyarakat sekitar Pondok Pesantren Krapyak.

Dalam sambutannya, Ibu Ida Rufaida selaku perwakilan pengasuh Pondok Pesantren Krapyak mengatakan, bahwa demikian ini merupakan salah satu cara Walisongo dalam berdakwah dan mengenalkan ajaran Islam, yang pada masanya masyarakat menyukai wayang dan gamelan.

“Pesan paling penting dari lakon ini yaitu, Puntadewa dididik oleh keluarga yang baik. Puntadewa dinasihati oleh ibunya, menjadi pemimpin bagi dirinya sebelum menjadi teladan bagi orang lain. Orang harus saleh dulu, baru bisa muslih,” kata sapaan akrab Dr H. Hilmy Muhammad, MA, yang saat ini sedang mencalonkan diri sebagai DPD RI No. 29 Dapil DIY. (gushilmy.com,

Label: