KH. Asyhari Abdullah Tamrin (Abta)

Dua makam putih kedua adalah makam dari Ahmad Sangidu (Sa’idu) Wa Zaujihi adalah simbah dari KH. Asyhari Abta dari ibu beliau sedangkan dua makan di cungkup (rumah) kromo pawiro wa Zaujihi dari ayahnya. Beliau dalam kesehariannya ajeg (terus-menerus) menjalankan sholat sunag dhuha. Sampai-sampai dalam kesehariannnya beliau tinggal di masjid dan ketika jatuh sakit tidak mau di bawa pulang ke rumah. Beliau berharap cucu-cucu beliau mau ada yang mondok, salah satu cucu yang terakhir adalah beliau KH. Asyhari Abta.

Beliau berangkat ke pesantren bersama 5 orang temannya yang lain. Pada saat gerakan G30S PKI sepuannya takut dan pulang ke rumah. Hanya beliaulah yang bertahan. Ada di pondok pesantren Krapyaklah beliau bernaung sekolah MTs 6 tahun Al-Munawir. Ketika ujian beliau disuruh ngabdi kepada Mbah Ali Maksum (gurunya dipanggil dan diberi nilai 7) tanpa harus ujian.

Ketika membangun gedung baru (pas depan sakan-bawah TU), tukang-tukang berasal dari kampung dekat kuburan yang masyarakatnya mayoritas belum mengenal sholat. Saat itu para tukang sampai menginap di krapyak, tepatnya di lempengan besi-besi komplek N yang dulunya kandang ayam. Saking care-nya Mbah Ali terhadap sesama para tukang itu di ajaknya untuk menonton telefisi di dari jendela melihat bersama dari luar, mereka sangat senang sekali dan saat itu hanya Mbah Ali lah yang mempunyai televisi.

Dua makam putih pertama adalah makam dari Abdullah Thamrin Wa Zaujihi adalah orang tua dari KH. Asyhari Abta. Kedua orang tua beliau adalah seorang yang lugu. Kesehariannya adalah beribadah kepada Allah. Bapak beliau dulunya adalah seorang dukuh di Tegalsari yang sekarang di teruskan keponakannya. Di Tegalsari adalah satu-satuya dukuh yang tidak punya makam.

Amir Setiawan adalah salah satu dari kakak kandung dari KH. Asyhari Abta, beliau lulusan ASRI (Akademi Seni Rupa Indonesia) yang sekarang ISI Yogyakarta. Beliau sempat mengajar di Bengkulu. Beliau mengikuti aliran Muhammadiyah dan kakak-kakak yang lainnya. Sebelum meninggal beliau berpesan kepada istri anaknya untuk tidak mentahlilinya. Dan anak-anak keluarganya yang senang dengan gemerlap kemewahan. Sampai di jadikan gunjingan oleh tetangganya. hanya ada dua rumah mewah saat itu yaitu selatan pondok deretan Pak Parjian dan Pak Suroso.

Ketika beliau mondok, tidak sedikitpun kemewahan yang melekap pada beliau, ketika libur tiba beliau hanyalah mencari lungsuran (layak pakai) dari kakaknya untuk di pakai sebagai ganti. Ketika beliau kuliah beliau di-bully dengan memakai peci (weh eneng kakbah laku, nyunggini ka’bah) dengan celana kedodoran. Tapi beliau tetap sabar. Ketika di IAIN beliau tidak di hargai oleh teman-temannya. Di hargai ketika kepandaiannya beliau saat ujian Nahwu dapat nilai 98 teman-temannya hanya 0,8. Mulai itulah teman-teman beliau menghargai beliau dan memintanya untuk belajar bersama.

Label: