KH. Rosim al-Fatih, Lc.

KH. Rosim Al-Fatih, Lc., lahir di Wonosobo tahun 1956 sebagai putra pertama dari (alm) KH. Muhson. Di masa kanak-kanak, ia belajar langsung pada ayahnya. Setelah lulus sekolah dasar, ia melancong ke Yogyakarta dan nyantri di Pondok Pesantren Krapyak selama beberapa tahun. Ia kemudian melanjutkan kuliah di IAIN (sekarang UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Namun belum genap setahun, ia mendapatkan beasiswa untuk studi di Islamic Univesity Madinah. Momen ini ia manfaatkan untuk mendapatkan gelar Lc. Selanjutnya ia berpindah ke Mekkah untuk nyantri kepada Sayyid Muhammad Alawy Al-Maliki.

Tahun 1988, pengasuh Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta, (Alm) KH. Ali Maksum memintanya untuk pulang ke tanah air agar dapat berdakwah di wilayah Yogyakarta bagian utara, sekaligus memimpin Pondok Pesantren Al Barokah.

Mulanya, ponpes ini hanya berupa rumah kontrakan biasa yang menjadi tempat mengaji penduduk sekitar. Atas perjuangannya dan berkah Allah Swt, ponpes itu kini telah memiliki dua kompleks putra dan satu kompleks putri. Sejak 1997, telah merintis Madrasah Diniyah Albarokah melalui sistem pengajian berjenang dengan pengajar dari dalam maupun luar pondok.

KH. Rosim Al-Fatih, Lc. mempersunting seorang hafidzoh Nyai Anita Durotul Yatimah, putri (alm) KH. Zamruddin, Mlangi, Gamping, Sleman. Ia meninggal dunia pada 29 Januari 2019 M/24 Jumadil Ula 1440H, Pukul 20:00 WIB di Wonosobo. Kemudian dikebumikan pada Rabu 30 Januari 2019 di Pondok Pesantren Al Barokah, Karangwaru, Tegalrejo, Yogyakarta.

Label: